Sunday, 20 April 2014
Home Pustaka Online Rahasia Sukses: Kumpulan Kata Bijak dan Pesan Hikmah dari para Sahabat Nabi, para Wali, Ulama, Shalihin, serta para Ahli Hikmah sebagai Penuntun Kita dalam Mengarungi Bahtera Kehidupan
Rahasia Sukses: Kumpulan Kata Bijak dan Pesan Hikmah dari para Sahabat Nabi, para Wali, Ulama, Shalihin, serta para Ahli Hikmah sebagai Penuntun Kita dalam Mengarungi Bahtera Kehidupan PDF Print E-mail
Thursday, 19 July 2012 17:30

Rahasia Sukses: Kumpulan Kata Bijak dan Pesan Hikmah dari para Sahabat Nabi, para Wali, Ulama, Shalihin, serta para Ahli Hikmah sebagai Penuntun Kita dalam Mengarungi Bahtera Kehidupan

Penyusun: Abdul Qadir Umar Mauladdawilah
Penerbit: Pustaka Basma, cetakan 1, Rabi’ul Akhir 1433 H/Maret 2012 M, Malang
Harga: Rp 35.000

 

 

Sayyidina Utsman bin Affan RA pernah berkata, "Tujuh hal yang membuat diriku heran. Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahwa ia akan mati namun ia masih tertawa. Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahwa dunia akan binasa namun ia masih mencintainya. Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahwa semua perkara terjadi menurut taqdir namun ia masih bersedih karena kehilangan sesuatu. Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahwa di akhirat kelak ada perhitungan amal namun masih sibuk mengumpulkan harta. Aku heran melihat orang yang sudah tahu tentang neraka namun ia masih tetap melakukan dosa-dosa besar. Aku heran melihat orang yang sudah mengenal Allah SWT dengan yakin namun ia masih mengenal yang selain-Nya. Aku heran melihat orang yang sudah mengenal setan sebagai musuh besarnya namun ia masih mau mematuhinya."

Imam Ali bin Abi Thalib RA berkata, "Barang siapa bersandar pada harta, ketahuilah bahwa suatu saat ia akan miskin. Barang siapa bersandar pada harga diri, ketahuilah bahwa suatu saat ia akan hina. Barang siapa bersandar pada akalnya, ia akan tersesat. Namun barang siapa bersandar kepada Allah SWT, sesungguhnya ia tidak akan pernah miskin, tidak akan hina, dan tidak akan pernah pula tersesat."

Imam Ali RA juga berwasiat, "Ilmu itu lebih baik dari harta. Ilmu akan menjagamu, sedangkan engkau yang akan menjaga harta. Ilmu itu penghukum, sedangkan harta terhukum. Dan sesungguhnya harta itu pasti akan berkurang bila dibelanjakan, akan tetapi ilmu akan semakin bertambah apabila diajarkan."

Imam Syafi`i RA pernah pula berkata, "Barang siapa menyukai apabila Allah SWT meliputinya dengan kebaikan, hendaklah ia berprasangka baik terhadap semua manusia."

Beliau juga pernah berkata, "Tidaklah dinamakan seseorang ahli ilmu manakala ia mengalami dua kondisi yaitu selalu gelisah di saat sengsara dan lupa diri ketika berkecukupan harta."

Kata-kata indah penuh makna semacam ini tidak akan pernah muncul kecuali dari pribadi-pribadi pilihan yang Allah jadikan wujudnya sebagai teladan bagi sesamanya dan ucapannya sebagai pengobat segala kegamangan di hati-hati kerontang yang merindukan kebenaran.

Mengikuti jejak mereka adalah keselamatan, dan merenungkan segala ucapan dan nasihat mereka adalah keberuntungan yang tiada tara. Buku ini adalah lembaran-lembaran kecil yang berisikan untaian mutiara dari pribadi-pribadi pilihan yang menjadi teladan sepanjang masa. MS

Pesan Segera!
Hubungi bagian Sirkulasi Majalah alKisah
Jalan Pramuka Raya No. 410, Jakarta 13120
Telp. 021-856. 2257/ 8590. 0947
Fax: 021-8590.0947
e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Last Updated on Monday, 06 August 2012 10:04