Thursday, 17 April 2014
Home Berita Terbaru Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, sang Penyelamat Marwah Polri
Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, sang Penyelamat Marwah Polri PDF Print E-mail
Wednesday, 01 May 2013 14:43

www.majalah-alkisah.comTindakan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, di samping tindakan yang memang seharusnya dilakukan oleh Polri, adalah juga sekaligus tindakan penyelamatan marwah Polri, khususnya Polda Jabar.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengisyaratkan akan mencopot Kapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya. Hal itu diduga lantaran Kapolda Jabar sempat "melindungi" Komjen Pol. (purn) Susno Duadji saat akan dieksekusi oleh Kejaksaan beberapa hari lalu. "Semua berproses. Bukan hanya itu saja (dicopot), semua akan dievaluasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas," ujar Kapolri di Istana Negara Jakarta, Senin (29/4/2013).

Kapolri menegaskan, pihaknya akan membantu Kejaksaan dalam mengeksekusi mantan kabareskrim Mabes Polri itu. "Sekali lagi eksekusinya kan dari Kejaksaan ya. Jadi polisi membantu," katanya. Demikian antara lain dikutip dari okezone.com

Spektakuler dan Penuh Pesona

Dalam diskusi pada acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TvOne, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel tampil sangat cerdas dan penuh pesona. Bahkan, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa bintangnya ILC saat itu adalah Wakapolda Jabar.

Inilah model aparat Polri yang benar-benar sejalan dengan paradigma baru Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ya, dulu, dalam sebuah wawancara dengan MetroTV, saya lupa tepatnya tanggal berapa, Wakapolri Jenderal Nanan Sukarna mengatakan, salah satu unsur terpenting dalam paradigma baru Polri adalah bahwa bawahan boleh bahkan harus mengingatkan atasan bila atasannya salah.

Saya yakin, inilah yang dilakukan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel. Saya yakin, beliau telah melakukan pembicaraan dengan Kapolda Jabar Brigjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya sebelum akhirnya mengambil keputusan yang spektakuler dan penuh pesona. Yakni, mendukung eksekusi Susno Duadji.

Ya, adanya fakta di televisi pernyataan perlindungan Kapolda Jabar Brigjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya terhadap Susno Duadji, dan adanya fakta bahwa eksekusi itu berlarut-larut dan bahkan gagal, semua itu telah merusak marwah Polri, Polda Jabar khususnya. Maka, tindakan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, di samping tindakan yang memang seharusnya dilakukan oleh Polri, adalah juga sekaligus tindakan penyelamatan marwah Polri, khususnya Polda Jabar. Sekali lagi, acungan jempol mesti kita berikan kepada beliau.

Terakhir, kalau benar bahwa Kapolri akan mencopot Kapolda Jabar, sepertinya Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel layak menjadi penggantinya.

ES

Pasang iklan dilihat ribuan orang? klik > murah dan tepat sasaran">Serbuanads >> MURAH dan TEPAT SASARAN

 

Add comment


Security code
Refresh